Ferky

TANGO MOTOR

KIRIM PERTANYAAN



Jl Daan Mogot KM 13,5 No.64A Cengkareng Daan Mogot
( Seberang halte busway rawabuaya - jalur lambat )

Telp 021 68493986
www.tangomotor.com
Email: tangomotor@gmail.com

    Klinik Mobil

  • Senin, 27-02-2012 16:12
    Mobil saya toyota limo 2005 yang jalannya tersendat sendat, gejalanya seperti bensin telat. Padahal pompa bensin sudah di ganti baru. Rumahnya pun tidak ada masalah. Tembakan bensin yang ke injektor juga sangat bagus. Injektor (4buah) yang berada di depan busi warna hijau sudah saya ganti. Busi bagus, saringan udara umurnya baru 2 minggu. Air flow juga normal. Throttle body dan air valve juga bagus.

    Kejadiannya jika gas dibuka langsung besar, di kecepatan 70km/jam atau di rpm diatas 3000 jalannya tersendat-sendat. Tapi kalo dibawanya normal (bukaan gas normal) tidak tersendat-sendat.

    Kiraikira kenapa mobil saya seperti itu? Terima kasih atas jawabannya.
    Dari : donny arief rachman
  • Jawaban :

    Walaikumsalam wr.wb,
    Salam otomotif, selamat datang kembali di Otoklinik..

    Mobil tersendat pada rpm 3000 atau lebih, dan sudah banyak juga yang anda lakukan sebelumnya...
    Ganti Fuel Pump memang ini tersangka utama untuk kasus seperti ini, namun apabila anda sudah mengganti dengan yang bagus (Original) dapat kita hapuskan dari daftar kemungkinan.

    Yang mungkin belum anda lakukan antara lain :
    1. Cek O2 sensor , lebih baik dilakukan pengecekan dengan menggunakan data stream saat mesin hidup. Kerusakan o2 sensor dapat mengakibatkan komposisi bahan bakar yang masuk keruang bakar menjadi tidak mendekati rasio stokiometri sehingga menjadikan kendaraan anda sendat-sendat dan hilang tenaga.

    2. Cek Grounding : Grounding sangat penting dalam mendukung kinerja engine. Sedikit saja grounding kendor maka dapat mengakibatkan banyak masalah. Seperti idle yang kasar sampai tersendat sendat seperti yang di alami bung Donny ini. Bila perlu tambahkan grounding dari kepala aki- ke titik titik penting seperti : Blok mesin, chasis, Body, Dinamo ampere, Throtle body sampai transmisi.

    3.Yakinkan Busi anda masih bagus dan benar-benar sesuai dengan spesifikasi mobil anda. Kesalahan penggunaan tipe busi dapat mengakibatkan driveablity kendaraan menurun.

    4. Apakah ada kode error yang di munculkan oleh ecu ? coba di diagnosa.

    5. Cabut dan pasang kembali Socket ECU untuk memastikan tidak ada kabel yang kotor atau kendor.

    6. Terakhir : Coba meminjam ecu dengan mobil yang sejenis dan mencobanya di mobil anda.

    Demikian kemungkinan jalan-jalan yang dapat di tempuh.
    Semoga dapat segera selesai masalahnya

    Regards
    Ferky
    www.tangomotor.com
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

KIRIM PERTANYAAN

Silakan kirim konsultasi teknis/keluhan seputar motor dan mobil Anda melalui form di bawah ini. Sebaiknya keluhan diceritakan lebih rinci sehingga pengasuh rubrik konsultasi lebih mudah menganalisa problem motor atau mobil Anda. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Semua field harus diisi!

Mobil Motor