Ferky

TANGO MOTOR

KIRIM PERTANYAAN



Jl Daan Mogot KM 13,5 No.64A Cengkareng Daan Mogot
( Seberang halte busway rawabuaya - jalur lambat )

Telp 021 68493986
www.tangomotor.com
Email: tangomotor@gmail.com

    Klinik Mobil

  • Selasa, 13-03-2012 17:03
    Saya punya Daihatsu Classy 94. Masalah saya, kenapa aki selalu tekor padahal baru ganti aki baru? Sudah saya cek alternator, kabel-kabel, dll, sampai dinamo semua normal. Bahkan saya bawa ke beberapa bengkel, tapi tak menemukan penyebabnya.

    Pertanyaan saya, apakah ada problem kelistrikan khas dan unik Classy? Bagaimana jalan keluarnya? Terimakasih dan Sukses selalu...
    Dari : soni dwi sandi
  • Jawaban :

    Salam Otomotif,

    Permasalahan Aki tekor, memiliki berbagai faktor penyebab, sebelumnya perlu di deskripsikan apa kategori yang anda maksud dengan " tekor " tersebut. Bagaimana cara Bung Soni mengetahui permasalahan tekor ini ?

    Biasanya orang menyebutkan aki tekor apabila :
    1. Tidak kuat di starter setelah jalan dengan beban menyala semua , misalnya lampu dan wiper dan tape.
    2. Tidak kuat start setelah tidak digunakan 1minggu
    3. Mobil bisa mogok tiba tiba karena kehabisan arus listrik.

    Pertanyaan disini kurang mendefinisikan Apa itu arti "tekor" pada akinya.

    Mari bahas satu per satu secara umum permasalahan aki tekor :
    Secara umum komponen yang mendukung charging sistem terdiri dari Dinamo ampere dan Aki itu sendiri. Untuk memudahkan pemahaman kita analogikan Dinamo ampere itu sumber mata air, aki itu bak penampungan air.

    Ketika bak air kosong maka sumber mata air mengalirkan air ke bak tersebut hingga penuh, ketka bak air penuh maka otomatis keran (ic regulator atau cut off ) menyetop aliran dari mata air.

    1. Tidak kuat start setelah menjalankan mobil dengan beban listrik nyala : hal ini diakibatkan kemampuan pengisian dinamo ampere tidak sebanding dengan penggunaan. Jadi Analoginnya air di bak penampungan di gunakan 10 liter per detik namun Mata air cuma menghasilkan 9 liter per detik maka selalu terjadi kekurangan . Solusinya Ganti dinamo ampere dengan yang lebih besar.

    2. Aki tidak kuat start setelah mobil tidak digunakan 1minggu : Kemungkinan Kapasitas aki berkurang pasti ada namun perlahan...tergantung umur akinya. Namun apabila aki masih baru namun sudah mudah kehilangan kapasitas akinya berarti terjadi kebocoran yang cukup banyak.

    Analoginya bak penampungan mustinya masih penuh apabila tidka digunakan selama satu minggu paling hanya berkurang sedikit karena penguapan ke udara. Apabila berkurangnya banyak kemungkinan ada kebocoran pada bak.

    Cara ceknya lepas kepala aki - beserta kabelnya , kemudian pasangkan lagi apakah ada percikan api yang cukup besar ? jika iya berarti ada komponen kelistrikan anda yang short atau standby dan menyedot arus cukup banyak. Biasanya : Power tape, Salah pemasangan Relay atau diode dinamo ampere yang sudah jebol.

    3. Mobil bisa mogok tiba-tiba kehabisan arus listrik : Hal ini sebenarnya mirip kasus nomer 1 hanya saja kekurangan pengisian sudah sangat besar sehingga aki sampai terkuras habis. 

    Apabila definisi Aki tekor yang bung Soni maksud belum termasuk dalam pembahasan ini silahkan kirim pertanyaan lagi yang lebih detail dan jelas.


    Regards
    Ferky
    www.tangomotor.com
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

KIRIM PERTANYAAN

Silakan kirim konsultasi teknis/keluhan seputar motor dan mobil Anda melalui form di bawah ini. Sebaiknya keluhan diceritakan lebih rinci sehingga pengasuh rubrik konsultasi lebih mudah menganalisa problem motor atau mobil Anda. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Semua field harus diisi!

Mobil Motor