Ferky

TANGO MOTOR

KIRIM PERTANYAAN



Jl Daan Mogot KM 13,5 No.64A Cengkareng Daan Mogot
( Seberang halte busway rawabuaya - jalur lambat )

Telp 021 68493986
www.tangomotor.com
Email: tangomotor@gmail.com

    Klinik Mobil

  • Sabtu, 10-03-2012 12:02
    Saya beli mobil Toyota Great Corolla th 95, kondisi umum bagus, onderdil masih ori semua. Di kemudian hari saya mendapati suara mendengung pada saat setir bergerak ( berputar ) walaupun hanya sedikit. Setelah beberapa bulan, saya mendapati kenyataan bahwa minyak power steering harus selalu ditambah! Kenapa ini?? Mohon infonya..
    Dari : hani soekamto
  • Jawaban :

    Salam otomotif,

    Pertanyaan power steering mendengung sudah sangat sering kami dapati dan begitu juga kasusnya di keseharian di bengkel.

    Untuk masalah setir dengung itu diakibatkan oleh komponen power steering, adapun hal yang dapat dilakukan antara lain :

    1. Melakukan kuras oli power steering dan menggunakan oli power steering yang memiliki anti squeak atau anti dengung. Melakukan kuras oli power steering ini perlu dilakukan agar kotoran yang mungkin ikut mengalir dalam aliran oli power steering ini dapat terbuang dan tidak menyumbat aliran oli power steering itu sendiri.

    2. Ganti selang power steering dengan yang anti dengung. Jika selang anda original maka kemungkinan kecil bunyi dengung tersebut bersumber dari selang, karena selang original memiliki spiral besi didalam selang sebagai komponen anti dengungnya. Jika selang anda bukan original parts ada baiknya anda mencurigai komponen tersebut. untuk biaya Estimasi Rp150.000 - Rp500.000

    3. Pompa power steering yang sudah aus, Pompa power steering yang sudah rusak dapat mengakibatkan bunyi mendengung. Biasanya hal ini terjadi apabila pernah terjadi kekurangan oli atau oli power steering pernah berada di bawah level terendah yang diperbolehkan. 

    Namun untuk masalah Bung Hani, telah terdapat kebocoran sehingga menjadi 2 masalah yang harus dihadapi.
    Pertama cek dulu sumber kebocoran yang mengakibatkan oli power steering berkurang. Apabila dari pompa, ganti dengan pompa second ex singapore dan jangan ganti sealnya saja karena sudah ada masalah dengung juga.(dari pengalaman masalah dengung 80% terdapat di pompa) .

    Apabila dari selang, ganti selang tersebut dan lakukan pengecekan seperti diatas. Apabila keborocan dari rack maka ganti seal rack tersebut baru melakukan pengecekan diatas....

    Semoga cepat selesai masalah power steering anda


    Regards
    Ferky
    www.tangomotor.com
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

KIRIM PERTANYAAN

Silakan kirim konsultasi teknis/keluhan seputar motor dan mobil Anda melalui form di bawah ini. Sebaiknya keluhan diceritakan lebih rinci sehingga pengasuh rubrik konsultasi lebih mudah menganalisa problem motor atau mobil Anda. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Semua field harus diisi!

Mobil Motor