Ferky

TANGO MOTOR

KIRIM PERTANYAAN



Jl Daan Mogot KM 13,5 No.64A Cengkareng Daan Mogot
( Seberang halte busway rawabuaya - jalur lambat )

Telp 021 68493986
www.tangomotor.com
Email: tangomotor@gmail.com

    Klinik Mobil

  • Kamis, 10-05-2012 10:22
    Saya pemilik Suzuki Carry Futura th 2004 GX, permasalahan saya adalah mengenai stater terkadang suka cetakcetek, sudah byk hal-hal yang sudah saya ganti menyangkut hal tersebut, mulai aki, elektrik stater, servis dinamo stater, menambah ground, namun masalah tersebut tidak kunjung teratasi, dan ada yang memberi tau saya bahwa mungkin bisa dirumah kunci kontak yang musti diganti. Memang hal tersebut belum saya lakukan, apakah bisa hal tersebut terjadi?

    Terima kasih
    Dari : Dodo
  • Jawaban :

    Salam kenal bung Dodo, dan salam otomotif,
     
    Starter di mobil futura cetak cetek sudah service dinamo namun kendala tersebut tak kunjung sirna.

    Tebakan yang terakhir  cukup jitu, kami juga sering mengalami kendaraan Futura yang mengalami cetak cetek starternya. Sumber masalah adalah di kunci kontak yang sudah mulai aus.

    Namun mengganti kunci kontak bukanlah solusi yang baik sebab anda akan membawa 2 kunci untuk membuka tangki atau membuka kunci lainnya.

    Adapun jalan yang terbaik adalah menambahkan rangkaian relay untuk starter. Jadi dari kunci kontak sebagai trigger bagi relay, nanti relay yang akan memberikan arus untuk memutar starter.
    Sebaiknya gunakan relay yang cukup baik dan juga kabel yang memadai sehingga kuat dan tidak panas.
    Anda dapat membuat rangkaiannya sendiri atau minta kepada bengkel langganan anda yang sudah pasti tau cara merangkai relay untuk starter.

    Komponen yang anda butuhkan antara lain :
    1. Relay
    2. Socket
    3. Kabel
    4. Terminal kabel
    5. Isolasi.
    Keseluruhannya tidak lebih dari Rp50.000
    Semoga kendala cetak ceteknya dapat teratasi segera


    Regards
    Tangomotor.com
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

KIRIM PERTANYAAN

Silakan kirim konsultasi teknis/keluhan seputar motor dan mobil Anda melalui form di bawah ini. Sebaiknya keluhan diceritakan lebih rinci sehingga pengasuh rubrik konsultasi lebih mudah menganalisa problem motor atau mobil Anda. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Semua field harus diisi!

Mobil Motor