Ferky

TANGO MOTOR

KIRIM PERTANYAAN



Jl Daan Mogot KM 13,5 No.64A Cengkareng Daan Mogot
( Seberang halte busway rawabuaya - jalur lambat )

Telp 021 68493986
www.tangomotor.com
Email: tangomotor@gmail.com

    Klinik Mobil

  • Senin, 03-12-2012 16:24
    Mobil saya Daihatsu Taruna thn 2003. Karena ada patah selang, baru-baru ini saya ganti radiator dengan kuningan/tembaga. Beberapa hari setelahnya gak masalah. Suhu selalu normal, ac dingin. Masalahnya air radiator dan cadangannya selalu kering/habis kalau habis jalan jauh (bukan luar kota). Setelah dicek, tak ada kebocoran di selang terkait radiator (baik kondisi mesin mati atau hidup). mohon jawaban segera.
    Dari : erna munir
  • Jawaban :

    Salam Otomotif bung Erna,

     
    Untuk permasalahan Taruna anda ada dua kemungkinan yang dapat mengakibatkan hal ini terjadi : 

    1. Visco fan sudah melemah, pada visco fan atau silicone kipas terdapat cairan silicon yang sensitif terhadap temperatur. Apabila oli ini sudah berkurang maka kemampuan kipas mesin untuk mendinginkan mesin menjadi berkurang. Ciri ciri visco fan sudah lemah adalah  entengnya baling-baling kipas jika di putar dengan tangan, berasa tanpa perlawanan viscositas silicone.
    (MENCOBA MEMUTAR KIPAS SAAT MESIN DIMATIKAN). 

    Apabila pendinginan kurang maka terjadi pemanasan berlebih terhadap air pendingin mesin sehingga air akan memuai dan memenuhi tabung air cadangan, air radiator akan keluar dari tabung air cadangan, namun saat mesin dingin, air pendingin mesin menyusut kembali maka saat kita cek air radiator menjadi berkurang.

    Solusi :  Tambahkan oli silicon pada visco fan

    2. Terjadi kebocoran Kompresi : hal ini secara harfiah dapat diartikan terjadi kebocoran kompresi mesin oleh piston ke Jalur air pendingin. Hal ini akan mengakibatkan hal yang sama seperti diatas yaitu air akan mengalami pemuaian berlebih. Ciri-ciri terjadi kebocoran kompresi dapat di cek dengan membuka tutup radiator saat mesin mati, kemudian lakukan starter, apakah terjadi semburan air radiator dari lubang tutup radiator, jika iya maka positif terjadi kebocoran kompresi.

    Biasanya kebocoran kompresi dapat terjadi akibat mesin pernah mengalami overheat terutama sampai kehabisan air.
    Solusi, buka silinder head dan ganti Packing head.

    Demikian solusi yang mungkin dapat anda cek terlebih dahulu bung Erna


    Salam otomotif,
    REgards
    Ferky
    www.tangomotor.com
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

KIRIM PERTANYAAN

Silakan kirim konsultasi teknis/keluhan seputar motor dan mobil Anda melalui form di bawah ini. Sebaiknya keluhan diceritakan lebih rinci sehingga pengasuh rubrik konsultasi lebih mudah menganalisa problem motor atau mobil Anda. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Semua field harus diisi!

Mobil Motor