Ferky

TANGO MOTOR

KIRIM PERTANYAAN



Jl Daan Mogot KM 13,5 No.64A Cengkareng Daan Mogot
( Seberang halte busway rawabuaya - jalur lambat )

Telp 021 68493986
www.tangomotor.com
Email: tangomotor@gmail.com

    Klinik Mobil

  • Selasa, 19-03-2013 16:58
    Salam sejahtera otomotif.. ada yg mau saya tanyakan mengenai mobil Toyota Kijang super 87 saya 

    1. Wiper kijang saya kenapa ya kalau sudah dipakai agak lama suka tiba-tiba mati sendiri dan kalau didorong tangan sedikit langsung nyala lagi.. 
    2. kalau lagi ngebut terus rem mendadak di depan suka ada bunyi dukdukduk??? 
    3. Kijang saya kalau dipakai lebih dari 80 kmh kok berisik sekali ya, tapi bukan getaran hanya suara yang berisik.. 
    4. dan kadang akselerasinya lambat juga suka muncul gejala ndut ndutan. 

    Maaf bila terlalu panjang pertanyaannya. thx
    Dari : Resha SA
  • Jawaban :

    Salam otomotif bung Resha,

     
    Terimakasih pertanyaannya yang komplit,
    1. Wiper semakin lama digunakan semakin lambat, biasanya hal ini terjadi karena Motor wiper yang sudah kurang baik, yaitu bushing armaturenya sudah aus sehingga semakin lama semakin panas sehingga mengakibatkan dinamo wiper melemah. Kemungkinan lain tetap pada motor wiper, yaitu magnet pada rumah motor wiper lepas dari tempatnya sehingga mengakibatkan gesekan. Solusi cek motor wiper dengan membuka dua baut obeng kembang, apabila kondisi fisik magnet tidak lepas maka sebaiknya ganti dengan motor wiper yang second ex singapore atau dengan yang baru. Apabila magnet lepas dari casingnya gunakang lem power glue untuk menempatkan kembali

    2. untuk suara " duk duk duk "  sangat general agak susah menentukan sumber suara tersebut, namun berdasarkan pengalaman anda dapat mengecek batang stabil dan karetnya. Stabil saft yaitu batang yang menopang antara chasis dan lower arm. Penyakit umumnya karet stabilnya telah aus sehingga apabila melakukan pengereman akan menimbulkan gerakan maju mundur pada roda dan mengakibatkan bunyi tersebut.

    3. Suara berisik diatas 80km, suara berisik itu sendiri harus di jabarkan, suara terdengarnya seperti apa dan dari arah mana datangnya. secara general suara berisik dapat diakibatkan pemilihan jenis ban, bearing dan gardan.

    4. untuk gejala akselerasi lambat dan "ndut ndutan " dapat anda selesaikan dengan tune up rutin (ganti busi, bersihkan carbu, cek platina atau cdi)

    Demikian jawaban untuk bung Resha,semoga dapat sedikit membantu menyelesaikan permasalahan kijang 87nya


    Regards
    Ferky
    www.tangomotor.com
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

KIRIM PERTANYAAN

Silakan kirim konsultasi teknis/keluhan seputar motor dan mobil Anda melalui form di bawah ini. Sebaiknya keluhan diceritakan lebih rinci sehingga pengasuh rubrik konsultasi lebih mudah menganalisa problem motor atau mobil Anda. Mengingat banyaknya surat yang masuk, redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Semua field harus diisi!

Mobil Motor